Saturday, January 31, 2009

Diskusi Membangun Tokon Bab V

Catatan Diskusi Mingguan Lab tanggal 29 Januari 2009 >>

BAB IV >>

Penyaji : Holifah>>

> >

Keliatan Gerak Atau Kelenturan Gerak>>

> >

Presentasi>>

Stanislavski hanya memperkenalkan cara berjalan, bagaimana kelenturan bisa dilihat dari bagaimana cara berjalan. Bagaimana itu bisa ter jadi: >>

Berawal dari kesaadaran. pertama yang timbul dari alur batin, adalah Gerakan yang timbul memiliki isi (emosi) dengan kecerdasan aktor. kedua adalah kesadaran gerak itu sendiri, dan ini Bagaimana si aktor menyadari betul kerja setiap persendian tubuhnya.>>

> >

Pembahasan >>

> >

Eci >>

Kelenturan seperti apa yang dilihat dari berjalan, sedangkan berjalan adalah gerakan sehari-hari.>>

Oliv>>

Berjalan yang dilakukan adalah berjalan yang disadari betul dengan sepenuhnya dan memiliki muatan emosi. Tidak hanya sekedar bergerak.>>

Dalam keseharian berjalan hanya sekedar bergerak dan berjalan. Sedangkan di panggung ada beberapa hal yang disadari oleh aktor, ada kekuatan, kesetabilan dan muatan emosi.>>

Eci >>

Bagaimana gerak naluriah dibedakan dengan gerak sehari-hari>>

Oliv>>

Gerakan yang bersifat naluriah yang memiliki muatan emosi.>>

Ican >>

Bukankah gerakan naluriah adalah gerakan yang sesuai dengan karakter?>>

Bang eko>>

Gerakan yang salah adalah gerakan dengan posisi tubuh yang menghambat aliran darah.>>

Alam>>

Bahwa posisi tubuh yang membungkuk akan menghambat aliran darah.>>

Ozi >>

Stanislavski pada bab ini menginginkan gerakan yang lebih sederhana.>>

Oliv>>

Yang dimaksud adalah bukan gerakan yang gemulai.>>

Black >>

Gerakan naluriah seperti tentara yang berlatih baris berbaris dalam waktu lama yang akhirnya menjadi naluriah.>>

Sir >>

Cara berjalan tentara menurut Stanislavski justru adalah cara berjalan yang benar karena beban ditumpikan pada kaki dan kaki berfungsi dengan baik dari pangkal sampai jari-jari kaki.>>

Bang eko>>

Alur yang tidak putus, gerak yang tidak putus. >>

Melalui latihanya menggunakan air raksa dan metronom, gerakan naluriah jika dilakukan maka semakin lama semakin cepat gerkannya atau gerak batinnya.>>

>>Oliv>>

Gerakan yang tidak terputus adalah gerakan yang tidak terlepas dari kesadarannya, maupun dari konsentrasi dan emosinya.>>

Pergerakan yang berirama dalam gerak naluriah bukan gerakan yang semakin cepat tetapi dinamis gerak yagn terjadi adalah gerak yang diisi dengan sesuatu.>>

Gerakan tari juga sebetulnya adalah gerakan naluriah juga.>>

Sederhana yang dimaksud adalah bukan gerakan-gerakan kecil. >>

Rendi >>

Kelenturan yang dimaksud seperti apa>>

Olive >>

Kelenturan yang dimaksud adalah gerakan yang disadari. Baik kesadaran batin maupun kesadaran itu sendiri.>>

Sir>>

Ada beberapa bentuk latihan yang dikemukakan Stanislavski>>

  1. gerakan sektoral>>
  2. gerakan yang disadari>>
  3. melatih ketahanan tubuh>>
  4. dan melati gerakan-gerakan dasar lainnya>>

Black >>

Seperti apa latihan yang dilakukan stanislavski>>

Bang Eko>>

Stanis melakukan latihan dengan musik, dan lebih melatih irama tubuh dan irama emosi, itulah yang makanya latihan menggunakan metronom.>>

>>
Oliv>>

Metronom adalah untuk mengatur irama, sebagai stimulus bahkan musik dipakai untuk latihan.>>

Black>>

Apakah semua jenis musik bisa dipakai untuk latihan>>

Bang Eko>>

Musik bisa dilakukan sebagai stimulus untuk respon yang dikeluarkan oleh peserta latihan.>>

Oliv>>

Musik hanya sebagai rangsangan, maka tidak terlalu penting aliran musik apa yang dipakai untuk latihan.>>

Setiap tubuh manusia memiliki irama yang berbeda. Dan itu mempengaruhi gerakan-gerakan yang dilatihkan.>>

Dimi >>

Gerak tubuh bisa menimbulkan musik, gerakan tubuh dengan irama yang dihasilkan akhirnya menjadi musikal.>>

Black>>

Dalam bab ini tidak ada pembahasan tubuh yang dian.>>

Bahkan adegan diam bahwa selalu ada yang bergerak dari bagian-bagian tubuh aktor. Sekecil apapun gerakannya>>

Olive>>

Gerak diam hidup ditimbulkan oleh gerakan batin. Dengan proyeksi yang lakukan aktor.>>

Sir >>

Diam yang dimaksud adalah bukan diam mematung. >>

Parulaian>>

Ada gerakan yang tidak seirama dengan peristiwa yang terjadi.>>

Sir >>

Bahwa setiap gerak yang dibantu dengan metronom adalah untuk melatih irama gerak.>>

Bang Eko>>

Apakah gerkan naluri semakin lama semakin cepat gerakannya>>

Oliv>>

Gerakan naluriah akan memiliki emosional yang semakin kuat.>>

Black >>

Berakan naluri semakin lama semakin cepat itu akibat dari gaya grapitasi yang semakin lama semakin berkurang.>>

Bambang P>>

Gerakan mekanis yang lepas kontrol semakin lama bisa semakin cepat.>>

Daya kontrol yang tidak didominasi oleh fikiran, tetapi dari keseimbangan seluruh kesadaran tubuh.>>

Ada naluriah dan ada instingtif (naluri bawah sadar). Gerakan yang paling mudah keluar bergerak tanpa kehendak adalah gerakan-gerakan dari insting. Sedangkan gerakan naluriah adalah gerakan yang sudah menubuh artinya gerakan dari hasil latihan mekanis dan akhrnya menjadi naluriah yang memiliki daya kontrol. Untuk membedakannya biasa dilihat dan diperbandingkan antara gerakan orang gila yang mengamuk dan gerakan pesilat melalui latihan dan memiliki daya kontrol.>>

No comments:

Post a Comment